Tuesday, October 28, 2008

Baby Drama... (How Oscar Born)

Baby Oscar born 3 weeks early from expected due date. Sungguh bersyukur persiapan melahirkan udah bisa dibilang beres. Dulu ada beberapa temen yang nanya jenis kelamin calon baby dan mama jawab cewek, hehehe maaf ya… bukannya bo’ong, tapi waktu di USG pas 5 bulanan kata dokter keliatannya perempuan, ternyata waktu USG lagi pas 7 bulan, baru tau kalau cowok, terus belum sempet cerita-cerita di blog dah keburu lahiran. Kita juga pada kaget, padahal udah nyiapin nama cewek, yang dapetnya susah banget. Eh begitu tau cowok, cari namanya cepet banget.

Last Doctor Visit and The Shopping

Cek up hari Sabtu, 30 Agst 2008 lalu sebenarnya baru visit yang kedua ke Dr. Tjokro, karena baru minggu lalu-nya mama putusin buat lahiran di Jakarta. Cek up kehamilan sebelumnya (dan juga dulu waktu hamil Olan) di RSB Mulia dengan Dr. Sudarmadi. Hanya setelah pertimbangan ini itu, mama pilih bersalin di RS Siloam Kbn Jeruk, dan Dr. T ini referensi dari teman kuliah, katanya blio ini pegang teguh prinsip agar pasiennya bersalin normal, sejauh secara medis memang tidak perlu section. Further, konsul ke Dr. T ngobrolnya enak, ga kaku. Sempet diomelin karena belum test darah, dan hari itu mama deg-deg’an banget dengan hasil test darah, thank God hasilnya normal-normal aja, malah untuk Rubella katanya mama dah kebal seumur hidup J Karena udah mau 37 minggu, hari di periksa dalam dan katanya dah bukaan 1, katanya normal sih untuk kehamilan ke-2. Selesai cek up, mama dan papa lanjut ke ITC Kuningan buat belanja keperluan baby.

The Water Broke

Kamis, 04 Sept, 05.50 pagi
Secara rencana cuti mulai tanggal 8 Sept, berarti minggu ini jadi minggu terakhir kerja. Dari hari Rabu malam, badan mama remuk rasanya, sampe kepikiran pengen off dulu hari ini. Setelah pikir-pikir, tinggal 2 hari aja, lagian masih ada yang kudu diberesin di kantor.

Seperti biasa jam segini udah jalan mo berangkat ke kantor. Pas mo keluar rumah, lah kok rembes nih…? Meskipun dulu udah pernah ngalamin pecah ketuban, tapi kok yang ini ga gitu yakin. Akhirnya setelah berbingung-bingung berdua ama papa (hehehe… papa juga bingung musti gimana, karena mama ga terlalu yakin, dan ini pengalaman pertama papa dampingin bersalin, jadi nervous ga siap) keputusan yang diambil adalah ke RS pagi itu juga, cuman papa bilang ga bisa nemenin karena ada urusan penting di kantor. On the way, gantian mama yang nervous dan terus bertanya-tanya… water broke bukan yah? Soalnya pas lahiran Olan dulu, air yang keluar banyak sekali, kaya tumpah gitu. Takut malu nih ntar di RS kalo ternyata itu bukan air ketuban.

07.10 pagi
Sampai di RS bingung mo kemana, karena Dr. T hari itu ga ada jadwal praktek. Setelah tanya suster yang jaga, disarankan langsung ke Ruang Bersalin untuk diperiksa bidan di sana.
Masuk ke ruang bersalin rasanya nervous bukan main, lapor ke bidan, jawab-jawab pertanyaannya, terus diperiksa. Dan akhirnya setelah di cek dengan kertas, yup... positif air yang keluar itu adalah air ketuban. Langsung disuruh ganti baju pasien dan berbaring di ranjang, ga boleh turun-turun lagi kalo ga perlu. Nah looo... tambah nervous, excited dan bingung. Langsung nelpon papa buat ngabarin, tapi ternyata papa ga bisa langsung datang karena kudu beresin kerjaan dulu, jadi katanya siang baru nyusul ke RS.

07.50 pagi
Ternyata Dr.T datang... Belaga ngomel gitu, nanya-nanya mama kok bisa pecah ketubannya. Lah Dok, meneketehe… hehehe… Setelah periksa dalam yang menyakitkan itu (hiks…) katanya rahim mama masih tinggi dan tebal dan ketuban ini bukan pecah tapi hanya bocor.
Karena usia kehamilan masih 37 minggu, untuk jaga-jaga, mama dikasih suntikan untuk pematangan paru-paru baby. Obatnya bekerja dalam 12 jam, jadi dalam kurun waktu itu, mama belum boleh melahirkan.
Setelah acara periksa-periksa dan suntikan itu, rasanya waktu berjalan lambaaaat sekali… Akhirnya ngisi waktu dengan sms-an ama Tante Maki, nelpon-nelpon papa dan Oma.

09.00 pagi
Emak datang sehabis nganterin Olan ke sekolah.
Nemenin bentar aja karena jam 10an harus jemput Olan lagi.

01.30 siang
Terbangun abis ketiduran sebentar walau ga pules. Akhirnya papa datang, ngurus administrasi, bawain majalah (thank God…)

02.45 siang
Disarankan suster buat mandi, wah... mau banget, boseeen banget tiduran terus. Seger banget abis mandi, cuman ga nyamannya karena pemeriksaan dalam tadi pagi bocor ketuban jadi gede, air yang keluar tambah banyak, makanya bener-bener ga boleh banyak gerak dan jalan (hiks...) Mama jadi ga berani banyak minum. Setelah itu mama minta papa pulang aja, buat is
tirahat dulu, karena toh masih harus nunggu obat bekerja sampe jam 8 malam. Dari hasil CTG dan pemeriksaan juga kayanya belum ada kontraksi yang berarti. Boro-boro deh mama ngerasain mules...

07.00 malam
Papa datang lagi, belum ada perubahan selain mama tambah bosan...

08.00 malam
Udah 12 jam, nothing happened… hiks… tadinya kirain Dr. T bakal datang, ternyata enggak ya… Tanya bidan yang jaga, gimana kira-kira selanjutnya, katanya kalau sampai 24 jam dari pecah ketuban ga ada perkembangan, mama bakal diinduksi. Berarti mama harus menunggu tanpa kepastian semalamam.

10.00 malam
Nah, karena tidak ada kepastian bakal lahir malam ini plus belum ada tanda-tanda juga, mama nyuruh papa pulang aja, biar papa bisa istirahat. Kesian kalo harus tidur
di kursi di ruang tunggu RS.

10.45 malam
The woman who just entered at 9 this morning gave a birth… huhuhu enaknya… mama cukup stress juga tuh dari tadi denger proses dia mules-mules, sampe akhirnya di boyong ke ruang delivery. Now, tried to sleep (but couldn’t!)

The Day!

05 Sept 2008, 06.00 pagi
Setelah tidur2 ayam tadi malam, akhirnya pagi ini bangun, mandi dan… tambah deg-degan… Sebelum mandi tadi dah di cek ini itu ama Bidan, dan setelah mandi infuse induksi di pasang… ugh… jarumnya gede banget!

Sekitar 07.30 to 08.30 pagi
Papa datang, mulai mules nih, tapi masih bisa cengar-cengir. Bidan periksa dalam, hiks katanya rahim masih tebal juga… dan suerr deh, kali ini tiap diperiksa dalam kok sakitnya bukan main ya
Abis itu Dr. T datang, mama ampe takut bo kalo diperiksa lagi… Sebelum dia datang mama sempet ngitung, mulesnya dah satu menit sekali dan berlangsung 30 detik.

Sekitar 08.30 to 09.00 pagi
Mulailah acara aduh-aduhaaan... Sakit dari mules ga tertahan lagi. Dan yang kali ini bener-bener, muleeees banget. Mungkin pengaruh dari obat induksi itu kali ya? OMG, rasanya nendang banget kaya rendang! Onde mandeee...

Bolak-balik bidan-bidan yang hadir ngasih semangat (kemudian papa ikut2an...) “ Ayo tarik nafas bu, jangan teriak2… nanti tenaganya abis…” hoho… mana bisa sakitnya kaya gini, yang udah belajar cara nafas aja bisa lupa semua kali.

Pas mama bilang dah pengen ngeden karena ga tahan lagi sakitnya, bidannya masih ngotot aja bilang belum, hiks… Tapi akhirnya waktu itu datang juga… Dr. T lalu dipanggil. Satu hal yang mama syukurin, pagi itu mama pasien pertama Dr. T yang duluan siap delivered. Soalnya tadi malam masuk juga pasien lain, dan pagi itu kita dah bareng2 mulesnya... hehehe... mama ga ngebayangin kalo lagi sakit2nya gitu harus antri dokter, huhuhu...

Akhirnya setelah Dr. T hadir, mama boleh ngeden. Beda banget sama ngelahirin Olan dulu, baru kali ini mama ngerasain yang namanya ngeden. Dulu Olan meluncur aja keluar waktu obgynnya melakukan episiotomi. Kali ini mama harus 2 kali ngeden, ditambah ngerasain sakitnya ga tau diapain itu dibawah sana *huaaa* Anehnya, waktu udah disuruh ngeden itu, rasa mulesnya ilang, nah lo, dah ga kepengen ngeden lagi, gimana nih? Ya dipaksa deh...

Waktu kepala baby akhirnya keluar setelah ngeden yang ke-2 itu mama bisa ngerasain, dan belum sempat berpikir mo ngeden lagi, tiba-tiba the whole package came... the rest of the baby just pop out of me... hehehe…. It was 09.39 in the morning.

Dr. T ngangkat badan baby ke atas perut mama... OMG baby-nya full ketutup lemak. There he is, my precious baby Oscar. Mama masih teriak2 aja, tapi kali ini mama teriaknya “Oscar… Oscar…Oscar” sampe disuruh diam ama bidannya… hehehe… katanya “Udah bu… udah…kan udah lahir”

Mata mama ga bisa lepas dari Oscar, dari dia di atas perut sampe dibawa ke tempat bersihin baby. Papa sambil ngerekam semua proses persalinan, masih terus juga bawa kamera ngikutin proses Oscar dibersihin...

Nah, who said the torture was over? It then just began. Proses stitching ternyata sakiiiit bo… mama sampe teriak2 ke Dr. T minta dibius dulu. Ternyata pas sakitnya itu justru karena disuntik bius hehehe…

Selesai dijahit dan dibersihkan, mama minta ke bidan untuk IMD, soalnya tadi pagi belum sempat ngomong. Bidannya dengan senang hati bantuin proses IMD itu dengan telaten, dan Oscar pun ternyata cepat belajar, ga sampe 5 menit, Oscar sudah bisa menghisap dengan baik kolostrum pertamanya.

11.00 siang
Mama dibawa ke kamar perawatan.
Waktu keluar dari ruang bersalin, emak dan Olan sudah nunggu. Aaah... senangnya mama liat Olan. Olan teriak-teriak juga nyambut mama yang lagi di dorong dengan ranjang, „Mama...mama... mama udah ngelahirin ya? Dedek aku mana Ma?“ hihihi... Terus Olan ikut2an dorongin ranjang ke kamar perawatan. Huaaa.... rasanya legaaaa sekali, tapi percaya ga percaya, langsung rasanya kangeeen pengen hamil lagi. Hahaha...

Mama udah lupa jam berapa tepatnya, pokoknya beberapa jam kemudian Oscar dibawa ke kamar perawatan, dan ternyata kata suster, boleh rooming in, senangnya..

No comments: