Wednesday, October 29, 2008

Yellow Mellow...

Sepulang ke rumah, Oscar still slept a lot. Malam pun dia ga rewel yang gimana-gimana banget gitu… Mo nyusu dia cukup ngecap-ngecapin mulutnya, setelah disusuin, tidur lagi.

Cek up Oscar yang pertama adalah 2 hari sepulang dari RS. Ternyata bilirubinnya naik jadi 12 an, lagi-lagi Dokter masih bilang no problem, hanya saja sebisa mungkin tidak naik lagi. Sarannya agar Oscar disusuin sebanyak mungkin dan dijemur agak lama.

Sedihnya, justru 2 hari kemudian, matahari pagi tidak bersahabat, muncul malu-malu… Akhirnya waktu 3 hari kemudian Oscar di cek lagi, bilirubinnya jadi 14,75. Kali ini Dr. Nizwar menyarankan untuk opname agar Oscar bisa menjalani terapi sinar efektif. Huaaaa… shock banget mama waktu itu, karena terus terang kita berangkat ke RS tanpa persiapan mental dan ga nyangka bahwa hari itu harus stay di RS. Ditambah kebingungan kita, karena sebenarnya hari Seninnya papa harus ke luar kota, sedangkan Dokter menyarankan opname 2 hari, berarti nantinya mama harus sendiri ngurus semuanya.

Wah kalo mo cerita detil, rasanya kacau balau waktu itu. Udah capek ngantri dokter, karena mama jua sekalian cek up pertama pasca lahiran ke Dr. T yang pasiennya ajubileeh banyaknya. Terus nunggu kamar perawatan siap untuk Oscar. Belum lagi gimana ngebujuk Olan supaya mau pulang dulu bareng papanya. Sepeninggal papa pulang buat ambil keperluanku sama Oscar selama di RS, mama cumin bisa nangiiiiis sesungukan, hehehe abis malu lah ama keluarga pasien sekamar, itu juga mereka udah ngintip2… dikirain pastinya anakku sakit berat apaaa gitu. Padahal di light teraphy doang… Bukan gitu masalahnya, gimanapun ga tega loh liat Oscar dalam box seperti ini.

Akhirnya setelah beberapa waktu mama dah bisa nenangin diri, dan senangnya papa dah datang dan bilang bakal stay di RS juga malam itu. Rasanya jadi lebih kuat. Kita jadi ngobrol, ketawa-ketawa, dan gentian ngurusin Oscar yang jadi lebih sering pipis dan pup.

Malamnya rencana ga pengen bobo, tapi ternyata ga kuat juga, karena emang dari sejak lahiran seminggu lalu mama kurang tidur banget. Susahnya, ga ada tempat buat bobo, cuman tersedia kursi buat yang nungguin pasien. Untung masih diberikan selimut tebal sama suster, jadi selimut itu mama gelar di lantai buat tidur. Tidurnya gantian ama papa.

Besok pagi, Oscar di test darah lagi. Hasilnya disampaikan langsung sama Dr. Nizwar yang visit sekitar jam 8.30 an, bilirubinnya udah turun sampe 10. Dan setelah diskusi singkat, kita diijinin pulang hari itu juga, tapi sore hari. Senangnya…

Pada dasarnya kuningnya Oscar, dari kesimpulanku sendiri, karena kurang minum. Bukan karena ASI sedikit, lah wong seminggu itu mama ngalamin over load ASI, karena Oscar sulit dibangunkan untuk minum. Hari-hari selanjutnya, mama masih ngejemur Oscar dan berusaha lebih keras supaya Oscar nyusu banyak.

Seminggu kemudian Oscar di cek lagi bilirubinnya. Ya ampuuun, naik lagi jadi 13… hiks… Mama jadi trauma mo bawa hasil itu ke Dr. Nizwar. Tapi mau ga mau, karena mama sendiri kekurangan informasi dan keyakinan diri, kenapa Oscar kuningnya ga ilang-ilang, padahal sudah 2 minggu usianya. Akhirnya diagnosa dokter kali ini, kemungkinan karena ASI, jadi disarankan untuk memberi campuran sufor untuk mengurangi kuning.

Waduh, cobaan ini namanya… Disaat kali ini mama bertekad ngasih ASIX, kok malah kaya gini. Pulang ke rumah mama coba cari-cari info soal ini, tanya teman dan om-ku yang DSA juga, hasilnya ada pro dan kontra. Akhirnya mama coba bertahan dengan keyakinan tetap memberi ASI ke Oscar.

Tiga hari berselang Oscar keliatan baik-baik aja, tapi hari Kamis mama liat Oscar tiba-tiba jadi kuning banget. Duh, akhirnya hari itu keyakinanku runtuh, mulai Jumat pagi mama ngasih sufor pertama ke Oscar sampai 12 jam ke depan (ini tips yang mama baca di salah satu weblog), total sekitar 250 ml. Besoknya kita balik ke RS dengan deg-degan, suerr trauma banget kalo-kalo Oscar harus diopname lagi. Puji Tuhan, hasil test bilirubin nunjukin angka 11 an, which mean turun dari minggu lalu. Meskipun masih terbilang tinggi, tapi yang penting ada progress lah. Kita langsung pulang tanpa ngadep ke DSA-nya lagi, pokoknya pulang bawa keyakinan aja deh… Ternyata emang lama-lama kelamaan, kuningnya Oscar berangsur hilang, terutama setelah menginjak usia 1 bulan.

Sigh… so ini jadi pengalaman dan pelajaran baru buat mama dan papa. Buat yang cari-cari info tentang breastfeed jaundice, yah… emang bener pemberian ASIX bisa menyebabkan beberapa bayi kuning, yang penting dipantau seberapa tinggi bilirubinnya dan konsultasikan solusi terbaik dengan DSA atau ahli lainnya. Tapi jangan mengendurkan semangat pemberian ASIX ke baby. Oscar sekarang dah balik lagi full ASI, dan berat badannya bertambah pesat banget.

Yang sebel, gara-gara keseringan dan kelamaan dijemur kemarin-kemarin itu, Oscar jadi item… Emang dasarnya udah rada item, tambah keling gitu. Hahaha… tapi sekarang juga dah putih lagi kok, karena udah hampir seminggu ini mendung-mendung terus, jadi libur deh sunbath-nya.

1 comment:

yan said...

Wow, So lovely baby, You must be happy.
web hosting
web hosting